Pergantian Musim = Musim Penyakit

Sakit flunya Nino ama diarenya bisa jadi karena pergantian musim ato biasa dikenal dengan Pancaroba. Perbedaan suhu yang mencolok antara siang dan malam, memaksa tubuh untuk menyesuaikan lebih keras dengan peralihan musim itu. Dari musim panas yang kering ke musim dingin yang lembab ato sebaliknya.
Nah, situasi alam seperti ini memunculkan ketidak enakan, tentu pula membikin tubuh jadi gampang terserang penyakit. Sebut saja, gangguan saluran pencernaan dan gangguan saluran pernapasan, baik atas maupun bawah.

Biasanya musim pancaroba ditandai hujan tidak merata alias hujan lokal. Kondisi itu tentu menyebabkan beberapa lokasi tetap berdebu dan berudara panas. Karena itulah, debu dan kotoran yang masih tersisa di daerah tertentu dengan mudah diterbangkan angin ke kawasan lain, dan boleh jadi ikut menerbangkan pembawa penyakit.
Saat musim pancaroba ini, yang beresiko terserang penyakit adalah anak-anak, terutama usia balita. Keadaan itu disebabkan karena sistem pertahanan tubuh anak-anak masih belum sekuat orang dewasa.
Gangguan kesehatan yang paling sering muncul pada anak adalah demam. Sekadar mengingatkan kembali, demam bukanlah penyakit, melainkan pertanda bahwa tubuh sedang membangun pertahanan melawan infeksi. Lebih tepatnya, demam bisa merupakan gejala aneka penyakit. Mulai infeksi ringan sampai yang serius.
Salah satu penyakit anak di musim pancaroba yang didahului demam adalah penyakit pada sistem pemapasan. Demam yang merupakan gejala penyakit sistem pernapasan biasanya ringan sampai sedang (37,4-39,4 derajat Celsius). Tapi pada beberapa kasus influensa pada anak, demam bisa mencapai 39,9 derajat Celsius.
Penyakit lain yang sering menyerang adalah gangguan saluran pernapasan. Pengaruh perubahan cuaca musim kemarau ke cuaca musim hujan atau sebaliknya sangat berpeluang mengganggu saluran pernapasan. Gejalanya bisa berupa batuk yang kadang disertai sesak napas. Bisa berupa batuk yang disertai pilek, bersin-bersin dan peningkatan suhu tubuh. Bisa juga muncul gejala khusus, yaitu pemapasan yang tidak normal. Berdasarkan lokasi yang diserang, penyakit ini dibedakan menjadi dua, penyakit saluran pernapasan bagian atas dan penyakit saluran pemapasan bagian bawah. Sementara menurut penyebabnya, dibedakan menjadi infeksi atau non-infeksi.
Umumnya gejala penyakit saluran napas bagian atas lebih ringan, misalnya batuk-pilek dan flu. Hanya saja pada kasus tertentu bisa muncul gejala yang serius, misalnya demam yang agak tinggi pada radang tenggorokan dan toksemia atau keracunan pada difteri. Lain halnya dengan penyakit yang terjadi pada saluran napas bagian bawah. Gangguan di bagian ini bisa memunculkan bronkopneumonia, yaitu radang paru-paru yang berasal dari cabang-cabang tenggorokan yang mengalami infeksi, dan bronkioetitis, yaitu infeksi serius pada cabang terakhir saluran napas yang berdekatan dengan jaringan paru-paru.
Salah satu gangguan kesehatan lain yang sering dialami anak di musim pancaroba adalah penyakit saluran cerna. Penyakit saluran cerna atau diare biasanya didahului keluhan mencret, mual, dan muntah. Gejala muntah dan mencret biasanya disertai demam, sakit kepala, dan mulas-mulas. Tinja anak mungkin tampak berlendir dan bahkan berdarah. Jika penyebab mencretnya bukan infeksi, gejala muntah dan mencret jarang disertai mulas dan tinjanya pun tanpa lendir dan darah. Diare pada anak membuat berat badan anak cepat susut.
Ada baiknya jika memasuki musim pencaroba sebaiknya jaga kesehatan, kebersihan lingkungan, makan-makanan yang bergizi kalo perlu mengkonsumsi vitamin, dan jangan lupa olahraga. Jangan salah lho! Balita ato bayi juga bisa diajak olahraga, tentunya dengan gerakan2 yang sederhana dan tidak membuat bayi ato balita jadi cidera.

Demikian, semoga bermanfaat..

Note: Kalo untuk kasus sakitnya Nino mungkin karena kadang mulutnya kemasukan air mentah pas mandi (biasalah anak kecil, seneng mainan air) ato pas mainan di halaman kan banyak debu yang beterbangan.

Advertisements

About -MamaNino-
-MamaNino- is my nickname, I sedang dalam proses membangun sebuah keluarga kecil yang semoga bahagia..

3 Responses to Pergantian Musim = Musim Penyakit

  1. pertamaxs says:

    …PERTAMAX….

  2. Dino says:

    mba kalo anak ku muntah² terus stiap diisi makanan atau susu.. dah ke dokter n dikasih obat skrg lagi nunggu reaksinya kalo masih munta juga harus diinfus hikz T_T

  3. -MamaNino- says:

    yang sabar yaa..
    memang lagi musim anak sakit nih.
    selain ikhtiar, jangan lupa berdoa juga..
    mohon kesembuhan..
    moga-moga cepat sembuh ya beby-nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: