Nino Sakit..

Sudah beberapa hari ini Nino kena flu. Dari awal memang Nino sengaja nggak dibawa ke dokter, maksudku biar kekebalan tubuhnya sendiri yang melawan penyakit. Lagipula flu itu kan penyebabnya virus, asal minum yang banyak, istirahat yang cukup dan minum vitamin, penyakitnya hilang sendiri. Nino cuma aku kasih obat flu untuk anak kalo malem, biar tidurnya nggak terganggu karena susah napas (kalo flu kan hidungnya jadi mampet). Lagian obat flu kan nggak menyembuhkan penyakit, cuma mengurangi gejala2nya aja (biar hidung nggak meler, biar hidung nggak mampet, biar nggak demam, dll).

Dulu Nino pernah flu berat pas di Kudus, karena kasian ya aku bawa ke dokter, ama dokternya dikasih dua resep obat, yang satu obat untuk flu yang satunya lagi antibiotik (untungnya aku sedikit2 tau nama2 antibiotik). Yang antibiotik nggak aku minumkan ke Nino (nggak bagus kan, lagian masih bayi kok dikasih antibiotik). Dokternya cari amannya saja kayaknya. Padahal yang namanya virus itu nggak bisa dibunuh dengan antibiotik. Terkadang Dokter memberikan antibiotik hanya untuk menenangkan dirinya sendiri, dengan alasan untuk preventif kalo-kalo ada penyebab lain selain virus. Sebenarnya kalo penyebabnya virus, daya tahan tubuh kita sendirilah yang menentukan apakah kita mampu melawan infeksi virus tersebut atau tidak. Artinya, ketika tubuh terpapar pada virus, belum tentu kita jadi jatuh sakit. Ketika kita jatuh sakit sekalipun, hanya daya tahan tubuh kitalah yang bisa mengusir dan mematikan si virus, bukan antibiotik. Tetapi ketika tubuh kita terinfeksi kuman atau bakteri, dan jatuh sakit, memang umumnya kita butuh antibiotik.. Sebenarnya akibat infeksi kuman atau bakteri sekalipun belum tentu menyebabkan kita harus mengkonsumsi antibiotik. Misalnya, infeksi kulit, biasanya sembuh tanpa harus mengkonsumsi antibiotik. Tapi memang ada infeksi kuman yang butuh antibiotik untuk membunuh si kuman, misalnya, infeksi saluran kemih, tifus, TBC, pneumonia karena kuman, dst..
Di sisi lain, ketika anak kita mengalami infeksi virus, dan tubuhnya sedang menurun daya tahannya, maka kuman bisa masuk.. tetapi jarang kok kalau pada anak normal. Kecuali anak kita memang ada kelainan sistem imun, bisa saja kemudian tubuhnya juga didomplengi infeksi kuman tambahan (misalnya anak yang sedang memperoleh terapi kanker, pasti daya tahan tubuhnya turun, atau anak yang sedang memperoleh terapi steroid jangka panjang, atau anak HIV positif). Dengan kata lain, sebenarnya Tuhan telah memberikan kita daya tahan tubuh yang cukup kuat (kecuali pada beberapa gelintir kasus tadi).
Seringkali antibiotik diberikan pada infeksi virus selesma dan influensa dengan alasan mencegah infeksi kuman. Itu bukan praktek pemberian obat yang rasional. Padahal, di dunia kedokteran dengan tegas menyatakan bahwa antibiotik hanya untuk infeksi kuman yang memang butuh antibiotik (kata dokter pribadiku sih gitu). Itu pertama. Kedua, antibiotik tidak boleh diberikan untuk pencegahan kecuali pada beberapa kondisi sangat khusus seperti pra operasi jantung, operasi besar memotong usus, operasi syaraf, atau pada anak dengan penyakit jantung rheuma.
Pola pengobatan yang rasional adalah pola pengobatan yang mengedepankan cost effectiveness, safety. Nah.. justru kalau mau aman, kita jangan tergopoh-gopoh memberikan atau mengkonsumsi antibiotik. Pemberian antibiotik secara membabi buta (tanpa memandang apakah itu diakibatkan infeksi virus atau yang lain) justru akan banyak merugikan, termasuk merugikan sistem imun kita. Infeksi kuman berbeda gambaran klinisnya dengan infeksi virus. Infeksi virus biasanya gejalanya muncul lebih cepat dari infeksi kuman dan demamnya lebih tinggi. Infeksi virus akan sembuh dengan sendirinya dan umumnya membutuhkan waktu antara 3-14 hari. Kalau anak panas baru 2-3 hari jangan buru-buru khawatir. Adalah sang waktu yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan kuman atau virus. Apalagi panas disertai batuk pilek. Kemungkinan besar anak terkena common cold atau bisa juga influenza..

Demikian, semoga cepat sembuh ya Nak…

Advertisements

About -MamaNino-
-MamaNino- is my nickname, I sedang dalam proses membangun sebuah keluarga kecil yang semoga bahagia..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: