Tips Untuk Ayah

Berikut ini tips-tips agar ayah dapat terlibat lebih intens dalam perkembangan anak:

1. Dimulai semasa hamil
Sebaiknya suami mulai mempersiapkan diri untuk menjadi ayah sejak istrinya mengandung. Dengan berperan aktif selama masa kehamilan, dan membantu kehamilan istri. Caranya dengan mencari informasi tentang kondisi kehamilan istri, mendampingi mengikuti senam persiapan persalinan, membaca buku tentang kehamilan serta cara merawat bayi.

2. Ikut merawat bayi
Suami jangan ragu untuk mengganti popok, memandikan dan mengasuh anak sejak masih bayi. Interaksi langsung dengan anak sejak dini membuatnya dapat merasakan kehadiran dan sosok ayah sebagai orang yang dapat diandalkannya.

3. Aktivitas bersama
Pada masa pertumbuhan, lakukanlah aktivitas bersama yang menyenangkan, seperti: bermain, membaca, atau berjalan-jalan. Ciptakan juga permainan yang menarik bagi si kecil.

4. Jadilah pendengar yang baik
Jagalah keseimbangan antara waktu beraktivitas di luar rumah, dan aktivitas bersama keluarga. Usahakan waktu untuk selalu ada saat anak membutuhkan Anda. Luangkan waktu untuk mendengarkan cerita anak. Hal ini juga membuat Anda terlibat dalam kehidupan sosialnya dan mengenali nama teman-teman si kecil. Jangan tunjukkan wajah kelelahan pada si kecil karena akan membuat anak malas bercerita. Dengan menjadi pendengar yang baik, Anda membuat si kecil dapat mengekspresikan dirinya.

5. Ciptakan komunikasi yang baik
Biasakan untuk selalu menghubungi si kecil di mana pun Anda berada. Tunjukkan perhatian dan rasa sayang Anda melalui telepon, sms, atau chatting.

6. Berikan kepercayaan dan kebebasan
Kepercayaan yang Anda berikan bisa membuat si kecil tumbuh menjadi anak percaya diri dan mandiri. Berikan juga kebebasan baginya untuk memilih dalam hidupnya mulai dari masalah sepele seperti memilih baju sampai memilih sekolah. Sehingga ia akan merasa dihargai dan bertanggung jawab pada dirinya.

Selamat mencoba !!

Advertisements

About -MamaNino-
-MamaNino- is my nickname, I sedang dalam proses membangun sebuah keluarga kecil yang semoga bahagia..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: