Perlakuan Terhadap Nikmat Allah

Allah berfirman, Fabi`ayyi `a la `irobbikuma tukadzdziban, dalam surat Ar Rahman. Ayat ini sangat merdu didengar oleh telinga kita, tetapi akan membuat merinding bagi orang-orang yang mengetahui maknanya. “Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?”. Sebuah pertanyaan ini dilontarkan oleh Allah sendiri, Allah Yang Maha Tahu, Allah Yang Maha Luas ilmu-Nya. Bukan karena Allah belum tahu jawabannya, tetapi ini benar-benar sebuah pelajaran bagi orang yang berakal. Dan hanya orang yang bisa memfungsikan akalnya, yang akan mampu mengambil pelajaran berharga tersebut.

Allah menantang (lebih halusnya, bertanya kepada) manusia dan jin, tentang nikmat yang manakah dari nikmat-nikmat yang telah Allah turunkan dan telah mereka rasakan itu, yang mereka dustakan. Dalam ayat ini, maksud pendustaan nikmat tersebut, adalah lebih ditegaskan kepada kekafiran mereka terhadap Tuhan mereka. Karena mereka telah berani mempersekutukan tuhan-tuhannya itu dengan (Tuhan) Allah. Dalam hal peribadatan adalah bukti nyata tentang kekafiran mereka terhadap Tuhan mereka. Nikmat-nikmat dari Allah itu sudah selayaknya harus disyukuri. Dan syukur adalah dengan menyembah kepada Yang Memberi nikmat tersebut.

Pertanyaan Allah tersebut diulang-ulang dalam surat Ar Rahman ini tiga puluh kali banyaknya, dalam rangka memperkuat penekanan terhadap persoalan syukur nikmat ini. Dalam ayat-ayat lain di surat Ar Rahman, Allah menyebutkan satu persatu dari banyak nikmat-Nya, Allah memberikan peringatannya agar mereka benar-benar ingat dan siuman (sadar), kembali kepada Allah.

Kalau kita rasakan susunan kalimat tanya seperti ini, sehari-hari memang sudah sering kita dengarkan. Misalkan seseorang mengatakan kepada temannya yang pernah menerima kebaikannya; “Bukankah engkau dahulu miskin, lalu aku menolongmu sehingga kamu hidup berkecukupan? Apakah engkau mengingkarinya?”. “Bukankah engkau dahulu anu, maka aku memberikan anu (sesuatu) kepadamu sehingga kamu menjadi seperti sekarang; apakah engkau mengingkarinya?”. Pertanyaan Allah tadi bukan sekedar kalimat tanya yang semacam itu, bukan ungkapan biasa-biasa saja. Dalam ungkapan tersebut, Allah hendak berkata, “Bukankah Aku (Allah) menciptakan manusia, mengajarnya pandai berbicara, Aku jadikan matahari dan bulan beredar menurut perhitungan, Aku jadikan bermacam-macam kayu-kayuan, Aku jadikan aneka ragam buah-buahan, baik di dusun-dusun maupun di kota-kota agar mereka memilih antara beriman atau kafir kepada-Ku. Terkadang Aku menyiraminya dengan air hujan, adakalanya dengan air sungai dan alur-alur; apakah kamu hai manusia dan jin, mengingkari yang demikian itu?”. Na’udzubillahi min dzalik.

Dalam ayat lain, surat Ibrahim ayat 7 Allah berfirman, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. Jadi dengan bersyukur kepada Allah akan diperoleh faedah dan keuntungan. Yaitu Allah akan senantiasa menambah rahmat-Nya kepada mereka. Dan sebaliknya, Allah juga mengingatkan kepada mereka yang mengingkari nikmat-Nya dan tidak mau bersyukur kepada-Nya, dengan akan menimpakan azab-Nya yang sangat pedih kepada mereka. Allah tidak pernah main-main. Maha Benar Allah Yang Maha Mengetahui segala sesuatu.

Kemudian, Bagaimana cara mensyukuri nikmat Allah tersebut?.

Mensyukuri nikmat (atau rahmat) Allah, yaitu dengan ucapan lisan serta menetapkannya dalam hati (ucapan hati). Kemudian diiringi dengan perbuatan, yaitu menggunakan nikmat atau rahmat Allah tersebut dengan cara dan untuk tujuan yang diridloi Allah Subhanahu wata’ala. Wallahu a’lam bishshowab.

Advertisements

About -MamaNino-
-MamaNino- is my nickname, I sedang dalam proses membangun sebuah keluarga kecil yang semoga bahagia..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: