Demam Pada Anak

Demam merupakan suatu kondisi tubuh dengan suhu tubuh di atas 37,50C. Sementara normalnya adalah berkisar antara 36-37,50C. Demam pada anak biasanya disertai dengan gejala menggigil, rewel, lesu, sulit makan, susah tidur dan sebagainya. Di bawah ini ada beberapa penanganan yang benar untuk demam pada anak.

1. Mengukur suhu badan dengan termometer.

Karena tingkat akurasinya lebih tinggi dibanding pengukuran dengan punggung tangan. Apalagi bila pengukuran dilakukan di rektum atau anus, selain di ketiak, atau bagian lainnya. Karena daerah rektumlah yang paling mendekati suhu tubuh sebenarnya. Si kecil dapat dikatakan demam bila temperatur tubuh yang diukur melalui mulut menunjukkan angka 37,80C, melalui rektum 380C, dan melalui ketiak 37,20C. Ada baiknya jika perkembangan suhu badannya terus dipantau dan dicatat setiap 3 jam sekali atau bila perlu setiap jam. Karena pola suhu tubuh dapat digunakan untuk membantu mengetahui penyakit yang diderita si kecil.

2. Kompres dengan air hangat.

Karena air hangat membantu pembuluh darah tepi di kulit melebar sehingga pori-pori menjadi terbuka dan memudahkan pengeluaran panas dari dalam tubuh. Mengompres tidak hanya bagian dahi atau kening, tapi juga bagian perut atau bagian lain yang luas dan terbuka. Dapat juga pada bagian yang terdapat pembuluh-pembuluh darah besar, seperti pada leher, ketiak, selangkangan maupun lipatan paha. Jangan mengompres dengan air dingin atau air es, karena perbedaan suhu yang ekstrem dapat mengakibatkan benturan kuat di otak antara suhu panas dengan suhu dingin. Dan kompres air dingin justru memicu peningkatan suhu tubuh. Karena air kompres yang dingin tadi menyebabkan pembuluh darah tepi mengecil dan mengakibatkan panas yang seharusnya keluar justru jadi terhalang sehingga suhu tubuh jadi menigkat. Hindarkan juga mengompres dengan alkohol, karena penurunan suhu tubuh dapat berlangsung cepat yang justru dapat membahayakan. Dan uap dari alkohol tadi dapat terhirup oleh si kecil yang bisa menimbulkan gangguan pada sistem saraf pusat.

3. Bila si kecil demam, sebaiknya tidak perlu diselimuti dengan selimut tebal. Selain itu, agar suhu tubuhnya cepat turun gunakan pakaian tipis longgar dan bahannya mudah menyerap keringat. Khusus pada bayi, bisa mengunakan metode kangguru untuk menurunkan suhu tubuh. Secara psikologis, menggendong dengan metode kangguru dapat membuat si kecil merasa nyaman berada dalam dekapan ibunya.

4. Beri si kecil minum yang banyak. Karena demam akan memaksa tubuh untuk mengeluarkan cairan lebih banyak. Bila asupan cairan kurang maka akan menyebabkan dehidrasi.

5. Mandi air hangat justru dianjurkan untuk mereka yang demam, mekanismenya sama dengan kompres air hangat. Selain tubuh jadi segar dan nyaman, mandi juga dapat menghilangkan kuman dan bakteri di kulit. Bila agak khawatir, lap sekujur tubuhnya dengan handuk yang telah dibasahi air hangat, lalu segera keringkan.

6. Bila suhu tubuh di atas normal tapi belum demam (antara 37,5-380C) anak tidak perlu diberi obat penurun panas. Cukup dengan membuatnya nyaman dan minum yang banyak. Bila suhu di atas 380C, berikan obat penurun panas sesuai dosisnya. Ada 2 kelompok obat yang disarankan yaitu ibuprofen dan asetaminofen atau parasetamol. Asetaminofen dapat diulang setiap 4 jam sekali dan ibuprofen 6 jam sekali bila suhu tubuh tetap masih tinggi. Penting untuk diperhatikan, untuk pengobatan pada bayi, jangan berikan obat yang merupakan kombinasi dari asetaminofen dan ibuprofen.

7. Madu dianggap dapat menurunkan suhu tubuh, tetapi pada bayi di bawah umur satu tahun sebaiknya dihindari atau tidak digunakan bila terjadi diare.

8. Segera bawa ke dokter bila suhu badan sangat tinggi (di atas 400C), disertai keluhan sulit bernafas, kejang, muncul bintik merah atau biru di tangannya, dibarengi muntah atau diare, dan muncul radang tenggorokan pada bayi di bawah usia 3 bulan dan ada riwayat kejang sebelumnya. Hanya dalam kondisi tertentu demam menjadi berbahaya. Yaitu ketika disertai sakit kepala, tubuh lemas, demam sudah lebih dari 72 jam atau 3 hari berturut-turut, serta kejang-kejang. Sebelum ke dokter setidaknya tunggu sampai 24 jam, sambil memperhatikan gejala-gejala tambahannya. Untuk bayi yang demam, dianjurkan untuk membawanya ke dokter apabila suhunya mencapai 38,50C. Karena dikhawatirkan terjadi infeksi yang tergolong berat dan tubuh tidak mampu mengatasinya tanpa bantuan obat-obatan.

Sebetulnya demam merupakan mekanisme pertahanan tubuh melawan infeksi bakteri dan virus. Para ahli yakin, tubuh akan lebih efektif melawan infeksi jika suhunya naik. Jadi, jika perilaku anak tidak berubah, yakni tetap aktif bermain dan tetap mau minum dan makan, maka orangtua tidak perlu khawatir.

Advertisements

About -MamaNino-
-MamaNino- is my nickname, I sedang dalam proses membangun sebuah keluarga kecil yang semoga bahagia..

2 Responses to Demam Pada Anak

  1. achmad syaiful says:

    selamat sore
    saya mau tanya kenapa anak saya selalu sakitnya demam tidak ada yg lain, untuk itu saya ingin tanya cara pencegahaannya atau untuk menghindari dari demam dan radang tenggorokan obatnya apa dan kekebalan untuk penyakit itu apa.
    mungkin hanya itu yg saya tanyakan,
    terimakasih
    a.syaiful

  2. -MamaNino- says:

    Buat Bapak A. Syaiful,
    Saya coba jawab ya, walaupun saya bukan Dokter Anak, tapi kita coba untuk saling sharing aja.
    Dari beberapa referensi yang saya baca menyebutkan bahwa, hal tersebut mungkin disebabkan karena daya tahan tubuh si kecil yang tidak begitu bagus..
    Hal ini bisa disiasati dengan telaten memberinya makanan yang lebih banyak mengandung sayur2an dan buah2an yang mengandung banyak vitamin, ini akan bagus untuk daya tahan tubuhnya. Memang harus sabar dan telaten.
    Saya asumsikan anak Bapak masih bayi, atau paling enggak batita, maka sering2lah diajak berjemur sinar matahari pagi, nggak perlu lama2, 15 menit cukup.
    Demikian, semoga membantu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: