What is a Family?

Seorang ayah pulang telat, lelah, dan sedang merasa kesal.
Anaknya yang berusia 5 th menunggunya pulang di sudut pintu, lalu bertanya pada ayahnya itu..
Anak : “Ayah, bolehkah Ade bertanya sesuatu?”
Ayah : “Ya tentu, apa itu?” jawab ayahnya.
Anak : “Ayah, berapakah Ayah menghasilkan uang per jam?”
Ayah : “Bukan urusanmu, kenapa kamu bertanya begitu?” kata ayahnya dengan nada kesal.
Anak : “Ade cuma ingin tau, kasih tau donk Yah, berapa Ayah menghasilkan uang per jam?”
Ayah : “Jika kamu mau tau, Ayah menghasilkan Rp.200 ribu per jam”.

Baca selengkapnya..

Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi tubuh yang kekurangan cairan, merupakan akibat dari cairan yang keluar lebih banyak dari yang masuk. Dehidrasi dapat berakibat fatal pada bayi. Bayi yang mengalami dehidrasi, dapat mengalami berbagai kerusakan organ tubuh, juga renjatan atau syok, bahkan kematian. Mengapa bisa begitu? Seperti halnya orang dewasa, dehidrasi pada bayi terjadi karena tubuhnya kehilangan banyak cairan. Padahal sekitar 70% tubuh manusia berisi cairan yang bermanfaat bagi kelancaran aliran darah. Bila cairan itu berkurang maka aliran darah ke seluruh tubuh akan mengalami gangguan. Padahal fungsi utama darah membawa oksigen dan bahan makanan ke seluruh tubuh, terutama ke otak dan paru-paru sebagai organ pengatur metabolisme tubuh.

Baca selengkapnya..

Pergantian Musim = Musim Penyakit

Sakit flunya Nino ama diarenya bisa jadi karena pergantian musim ato biasa dikenal dengan Pancaroba. Perbedaan suhu yang mencolok antara siang dan malam, memaksa tubuh untuk menyesuaikan lebih keras dengan peralihan musim itu. Dari musim panas yang kering ke musim dingin yang lembab ato sebaliknya.
Nah, situasi alam seperti ini memunculkan ketidak enakan, tentu pula membikin tubuh jadi gampang terserang penyakit. Sebut saja, gangguan saluran pencernaan dan gangguan saluran pernapasan, baik atas maupun bawah.

Baca selengkapnya..

Apa Sih Diare Itu?

Diare adalah peningkatan frekuensi buang air besar dimana kotoran yang dikeluarkan lebih cair dari biasanya. Diare karena infeksi dapat disebabkan oleh berbagai macam kuman, baik virus, bakteri, atau parasit lainnya. Hal ini berarti seorang anak yang mengalami diare dapat menunjukkan gejala-gejala yang berbeda-beda tergantung dari penyebab diarenya itu. Gejala diare umumnya diawali dengan nyeri perut atau mulas. Diare terjadi lantaran konsentrasi air dalam faeses terlalu besar. Usus besar atau kolon, yang merupakan bagian terpenting dalam sistem pencernaan, bertugas menyerap banyak air dari makanan berair yang lewat. Di situlah diproduksi semi-faeses. Namun, bila muatan usus besar tersebut lewat terlalu cepat atau karena suatu hal usus halus terinfeksi sehingga terlalu banyak cairan masuk ke dalam usus besar, maka terjadilah diare.

Baca selengkapnya..

Sakit Beruntun

Kacian Nino-ku, belum juga flu-nya sembuh total, malah kena diare. Awalnya pas pagi2 seperti biasanya Nino pengen ee’. Kali ini agak cair, nggak seperti biasanya yang bentuknya pasta. Terus, belum ada setengah jam ee’ dah pengen ee’ lagi. Kali ini cuma lendir berwarna hijau yang keluar. Kalo dah gitu biasanya menandakan kalo ini anak kena diare. Duh kacian banget Nino-ku.

Baca cerita selengkapnya..

Mernaik !?

Meurnut sautu pelneitian di Uinervtisas Cmabridge, atruan hruuf dlaam ktaa tiadk penitng. Ckuup huurf petrama dan trekahir ynag ada pdaa tepmatyna. Siasyna bsia dtiluis bernataakn, teatp ktia daapt mebmacayna. Ini dsieabbkan kaerna oatk ktia tdiak mebmcaa huurf per hruuf, nmaun ktaa per ktaa.
Laur bisaa kan?
Bagmiana, trenayta ktia pinatr ya?

Nino Sakit..

Sudah beberapa hari ini Nino kena flu. Dari awal memang Nino sengaja nggak dibawa ke dokter, maksudku biar kekebalan tubuhnya sendiri yang melawan penyakit. Lagipula flu itu kan penyebabnya virus, asal minum yang banyak, istirahat yang cukup dan minum vitamin, penyakitnya hilang sendiri. Nino cuma aku kasih obat flu untuk anak kalo malem, biar tidurnya nggak terganggu karena susah napas (kalo flu kan hidungnya jadi mampet). Lagian obat flu kan nggak menyembuhkan penyakit, cuma mengurangi gejala2nya aja (biar hidung nggak meler, biar hidung nggak mampet, biar nggak demam, dll).

Baca cerita selengkapnya..

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.